Senin, 20 April 2020

Kodealam Air Situ dan Batu

Kodealam Air Situ dan Batu
Kodealam kerap menjadi handalan utama untuk dijadikan bahan yang memberi petunjuk akan adanya suatu kejadian. Bagi masyarakat sekitar Situ Sanghyang, Desa Cilolohan, Kecamatan Tanjungjaya, Kabupaten Tasikmalaya, air situ bukan hanya sebagai sumber kehidupan yang mengairi ratusan hektare sawah dan penopang kebutuhan saat musim kemarau.

Maslika, salah seorang warga Desa Cilolohan yang juga sering dianggap juru kunci Situ Sanghyang, menuturkan, warga sekitar Situ meyakini jika terjadi perubahan warna pada air situ Sanghyang akan terjadi malapetaka. Saat tahun 2009 silam, kata Maslika, air situ mendadak berubah menjadi kemerahan dari sebelumnya jernih. Selang beberapa bulan terjadi gempa dahsyat yang mengguncang Tasikmalaya yang menelan korban jiwa.

Itu soal percaya atau tidak, tapi kami di sini meyakini hal itu. Saat air situ berubah menjadi kemerahan terjadilah gempa. Waktu tahun 1996 air situ juga berubah warga menjadi keruh. Pada tahun yang sama juga terjadi kerusuhan Tasikmalaya waktu itu, papar Maslika. Selain perubahan warna air Situ Sanghyang, Kodealam lainnya yakni pada batu yang diyakini sebagai patilasan atau tempat duduk Prabu Linggawastu. Prabu Linggawastu adalah utusan dari Kesultanan Cirebon untuk mengubah air situ dari sebelumnya berbahaya bagi warga lantaran adanya sumpah serapah resi guru.

Baca Juga : Result Sidney Hari Ini Solus Terblokir

Kodealam yang terjadi pada batu yakni batu yang awalnya berbentuk oval itu utuh tanpa adanya retakan mendadak terbelah menjadi dua bagian. Itu terjadi sebelum tahun 2000 silam. Dari Kodealam itu, warga meyakini saat ini bahwa terbelahnya batu sama dengan pemekaran Tasikmalaya menjadi dua wilayah Administratif.

Awalnya kan satu Tasikmalaya, batunya terbelah jadi Tasikmalaya ada dua kota dan kabupaten. Nah, saat ini saya tidak tahu akan ada kejadian apa, tapi kalau melihat kondisi saat ini kan sudah ada wacana tentang pemakaran Tasikmalaya Selatan, papar Maslika.

Kodealam berupa air dan batu itu, lanjut Maslika, sudah diyakini warga selama puluhan tahun. Namun, terlepas benar atau tidaknya Kodealam tersebut, Maslika menyerahkan sepenuhnya kepada keyakinan masing-masing orang.

Demikianlah artikel cerita ini kita bagikan sebagai contoh bahan Kodealam pada permainan Togel Online buat para pengunjung dan pembaca semoga bermanfaat terima kasih.